UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK


UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK

(Studi deskriptif kualitatif di SMP Negeri 2 Bingin Kuning Kabupaten Lebong)

 ANGGI PUSPITASARI

Tesis Program Studi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Universitas Bengkulu

ABSTRACT

THE PRINCIPAL EFFORT TO IMPROVE THE QUALITY OF EDUCATORS

(Qualitative Descriptive Study In Public Junior High School Number Two Bingin Kuning Lebong Regency)

Purpose of this study is to describe the principals effort  to improve the quality of educators in the field of pedagogical competence, personality, social and professional in junior high school number two Bingin Kuning. This research method is descriptive qualitative research with the subject of school principals and educators in junior high school number two Bingin Kuning. Techniques of data collection using interviews,observation and documentation. Research found that in genera,educators have been carrying out activities of teaching and learning process in order to improve the quality of educators in the field of pedagogical competence, personality, social and professional.

The result of study showed that the principal effort to improve the quality of educators in areas such as by facilitating pedagogical competence of teachers to manage learnings. Efforts to improve the quality of the principal educators in the field of personality as demonstrated competency in developing self-discipline to improve its performance. Principal efforts in improving social competence is through the trouble shooting tips that principals do that is through harmonius communication between pricipals and learners. Principal efforts in improving the professional competence is to provide an opportunity for educators to participate in professional development activities such as training, upgrading and training.

Keywords : Principal effort, Quality, Competence, Educators

RINGKASAN

Masalah umum penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, Bengkulu?  dan  juga permasalahan pokok yang muncul secara khusus adalah (a) bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi pedagogik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning? (b) bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi kepribadian di SMP Negeri 2 Bingin Kuning? (c) bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi sosial di SMP Negeri 2 Bingin Kuning? (d) upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi profesional di SMP Negeri 02 Bingin Kuning?.

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan mutu tenaga pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, Bengkulu. Adapun Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah. adalah (a) mendeskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi pedagogik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, (b) mendeskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi kepribadian di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, (c) mendeskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi sosial di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, (d) mendeskripsikan upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kompetensi profesional di SMP Negeri 2 Bingin Kuning.

Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah dan pendidik yang ada di SMP Negeri 2 Bingin Kuning adalah pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Dari catatan lapangan selanjutnya data dianalisis dengan cara mendeskripsikan temuan lalu kemudian disesuaikan dengan teori.

Hasil penelitian ditemukan bahwa: pendidik di SMP Negeri 2 Bingin kuning ini pada umumnya telah melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidik di sekolah tersebut sesuai dengan urutan pertanyaan sebagai berikut:

Pertama, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik adalah dengan memotivasi dan memfasilitasi pendidik (guru) untuk mengelola proses pembelajaran yakni menyusun rencana pembelajaran, menilai prestasi belajar peserta didik dan melakukan tindak lanjut hasil penilaian.

Kedua, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian/ personal pendidik dapat diketahui melalui motivasi kepala sekolah terhadap pendidik untuk menunjukkan kedisiplinan pendidik (guru) seperti pendidik wajib memakai seragam dinas yang telah diterapkan oleh sekolah, memotivasi guru dalam mengembangkan diri untuk meningkatkan kinerjanya.

Ketiga, upaya kepala sekoah dalam meningkatkan kompetensi sosial pendidik adalah melalui kiat-kiat yang dilakukan kepala sekolah seperti melakukan komunikasi yang harmonis terhadap pendidik, menjalin kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, wali kelas dan peserta didik. Selalu melibatkan pendidik dalam kegiatan kemasyarakatan terutama masyarakat yang dekat dengan lingkungan sekolah serta memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar warga sekolah.

Keempat, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik yaitu memfasilitasi guru dan memberikan kesempatan kepada semua guru secara bergiliran sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti kegiatan pengembangan profesi seperti pelatihan, penataran, diklat, mengikuti seminar-seminar dan memotivasi guru untuk melanjutkan pendidikan setara S1 dan S2.

Simpulan penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah  meningkatkan mutu pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, Kabupaten Lebong, bidang kompetensi paedagogik adalah dengan memfasilitasi guru untuk mengelola pembelajaran, melaksanakan proses belajar mengajar, menilai hasil proses belajar mengajar dan melaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi belajar, upaya kepala sekolah  meningkatkan mutu pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, Kabupaten Lebong di bidang kompetensi kepribadian dapat diketahui melalui motivasi dan dorongan kepala sekolah terhadap pendidik untuk menunjukkan kedisiplinan dan memotivasi guru dalam mengembangkan diri untuk meningkatkan kinerjanya, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial adalah melalui kiat-kiat yang dilakukan kepala sekolah yaitu melalui komunikasi harmonis antara kepala sekolah, guru, wali kelas dan peserta didik. Melibatkan pendidik dalam kegiatan bermasyarakat  dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar warga sekolah, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional  dengan memfasilitasi guru dan memberikan kesempatan kepada semua guru secara bergiliran sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti kegiatan pengembangan profesi seperti pelatihan, penataran dan diklat.

Saran penelitian terhadap upaya kepala sekolah meningkatan mutu pendidik yaitu, (1) kepala sekolah perlu memahami kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang harus dimiliki pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, Lebong (2) kepala sekolah perlu melakukan sosialisasi secara terus menerus tentang kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang wajib dimiliki pendidik di SMP Negeri 2 Bingin Kuning, Lebong (3) Pendidik perlu secara aktif meningkatkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional (4) Perlu membentuk wadah untuk kegiatan sebagai sarana mengembangkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional pendidik guna untuk menciptakan pendidik yaitu guru yang berkompetensi sesuai dengan PP tahun 2005.

About these ads

Tentang Dayat Chem

Putra Ramatuan Rambut ikal tapi ganteng githu loe
Tulisan ini dipublikasikan di Tesis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s