Proposal Monev Kegiatan Belajar Mengajar


PROPOSAL
MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
DI SD NEGERI 03 BINGIN KUNING KABUPATEN LEBONG

LATAR BELAKANG

Tujuan utama dari lembaga pendidikan adalah suatu proses untuk mencetak siswa untuk dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan material dan spiritual baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu sistem yang saling berintegrasi dan bersinergi, diantaranya yaitu adanya tenaga pendidik yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya.

Menurut Undang-undang tentang guru (2003:2) guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa pada pendidikan siswa usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru sebagai seorang tenaga profesional dapat dipahami bahwa profesi guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan standar kompetensi guru.

Kompetensi yang diperlukan oleh guru dapat diklasifikasi menjadi empat kategori yaitu kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional, seperti yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru.

SD Negeri 03 Bingin Kuning Kabupaten Lebong adalah salah satu lembaga pendidikan dasar formal yang ada di Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong. Sangat disayangkan sebagai sebuah lembaga pendidikan dasar formal negeri hanya memiliki tiga orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), itu pun guru bidang studi. Tidak ada tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi guru kelas yang berpendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas, bahwa siswa di SD Negeri 03 Bingin Kuning yang sudah menduduki tingkat IV s/d VI terdapat 20% siswa yang belum dapat membaca dan berhitung serta 45% siswa tidak mampu menyerap materi yang diberikan. Kenyataan tersebut sangat bertolak belakang dengan visi, misi dan tujuan sekolah.

Visi SD Negeri 03 Bingin Kuning adalah “Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berprestasi tinggi, menciptakan sekolah yang aman, nyaman asri dan berkulaitas”. Untuk menuju visi berprestasi tinggi dijabarkan dalam misi yang ketiga yaitu meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan mampu bersaing untuk mencapai prestasi serta dicantumkan dalam salah satu tujuan sekolah yaitu mencetak siswa yang memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Melihat fakta yang sangat memprihatinkan tersebut, maka perlu diadakan kegiatan monitoring dan evaluasi program kegiatan pembelajaran mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oeh guru di SD Negeri 03 Bingin Kuning Kabupaten Lebong, untuk dijadikan bahan acuan kebijakan yang akan dilakukan selanjutnya.

Read more download here

Tentang Dayat Chem

Putra Ramatuan Rambut ikal tapi ganteng githu loe
Pos ini dipublikasikan di Teacher. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s