Perang Aceh: Kisah Kegagalan Snouck Hurgronje


Perang Aceh: Kisah Kegagalan Snouck Hurgronje
By Paul van ‘t Veer

Di dalam buku karya Paul Van ‘T Veer ini, terdiri atas empat Bab, yang melingkupi atas empat pembahasan utama, yakni empat periode perang Aceh. Perang Aceh bermula dengan Perang Aceh Pertama (1873), Perang Aceh Kedua (1874-1880), Perang Aceh Ketiga (1884-1896), dan Perang Aceh Keempat (1898-1942). Buku ini berisi tentang Perang Aceh mulai dari Latar Belakang, hingga akibat dari perang Aceh.

Buku ini pada intinya merupakan kumpulan kisah kegagalan Snouck Hurgronje yang meneliti tentang aceh. Meskipun gaya bahasa yang digunakan pengarang pada penulisan buku ini masih banyak yang kurang dimengerti (rancu), tapi buku ini mengkaji secara kronologis perang Aceh dari tahun 1873 (Perang Aceh Pertama) sampai tahun 1942 (Menyerahnya Belanda kepada Jepang).

Pertama kali Snouck Hurgronje menyatakan bahwa sifat perlawanan rakyat Aceh hanya ditentukan oleh faktor agama, agama islam melahirkan kaum yang militan, sehingga pemerintah colonial dangan berbagai cara membendung gerakan islamisasi ataupun pendidikan islam. Meskipun demikian, perlawanan terus ada. Dengan berbagai kekalahan Belanda, akhirnya Snouck mengambil kesimpulan bahwa sifat perlawanan rakyat Aceh bukan hanya masalah keyakinan agama tetapi juga masalah pra nasionalisme, hasrat kemerdekaan, serta perjuangan sosial terhadap para pemuka feudal. Inilah yang menjadi boomerang bagi pemerintah colonial sendiri dan menjadi kegagalan Snouck Hurgronje dalam Perang Aceh.

download here

Tentang Dayat Chem

Putra Ramatuan Rambut ikal tapi ganteng githu loe
Pos ini dipublikasikan di Buku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s