UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME


UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME

(Studi Deskriptif kualitatif di SMPN 1 Bingin Kuning Kabupaten Lebong)

YEPI YUNITA

Tesis Program Studi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Universitas Bengkulu

ABSTRACT

THE TEACHER TO IMPROVING THE PROFESSIONALISM

(Qualitative Descriptive Study in Public Junior High School 01 Bingin Kuning Lebong Regency)

The general purpose of this research was to describe the efforts of teachers Public Junior High School 01 Bingin Kuning Lebong Regency in enhancing professionalism. Specifically, this research was to describe: professionalism of teachers in the field of learning; professionalism of teachers in the field of scientific work; professionalism in the field support duties as a teacher; factors inhibiting and supporting the professionalism of teachers. The research method used is descriptive qualitative. The result of this research show that the professionalism of teachers at Public Junior High School 01 Bingin Kuning needs to be improved especially in the ability to write scientific papers, while the efforts made by teachers and schools are good enough to oblige the teacher training, upgrading, delibertion subject teachers, and enterprising read and always strive to develop professionalism.

Keywords: professionalism, effort, teacher

RINGKASAN

Masalah umum penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan profesionalismenya dan rumusan  masalah secara khusus adalah sebagai berikut: (a) bagaimana profesionalisme guru di bidang pembelajaran, (b) bagaimana profesionalisme guru di bidang karya ilmiah, (c) bagaimana profesionalisme guru di bidang penunjang tugas sebagai guru, (d) apa saja faktor penghambat dan pendukung profesionalisme guru.

Tujuan penelitian secara khusus adalah: (a) untuk mendeskripsikan bagaimana profesionalisme guru di bidang pembelajaran, (b) untuk mendeskripsikan bagaimana profesionalisme guru di bidang karya ilmiah, (c) untuk mendeskripsikan bagaimana  profesionalisme guru di bidang penunjang tugas sebagai guru, (d) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru.      Tujuan umun penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya  guru dalam meningkatkan profesionalismenya,

Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif yaitu penelitian yang tidak mengutamakan pada angka-angka, tetapi mengutamakan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antar konsep yang sedang dikaji secara empiris. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru SMPN 1 Bingin Kuning yang berjumlah 6 orang.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa upaya guru dalam meningkatkan profesionalismenya yaitu mengikuti pelatihan, penataran, MGMP, dan kegiatan-kegiatan yang lain yang diselenggarakan baik di tingkat kecamatan, kabupaten, maupun tingkat provinsi. Profesionalisme guru di bidang pembelajaran yaitu guru mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka masing-masing, guru menguasai materi pembelajaran dengan baik. Profesionalisme guru di bidang karya ilmiah masih tergolong rendah/kurang terbukti bahwa sebagian besar  responden jarang membuat karya ilmiah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah, khususnya menulis artikel ilmiah, (2)  terbatasnya sarana bacaan ilmiah terutama yang berupa majalah ilmiah atau jurnal, (3) belum tersedianya majalah atau jurnal di lingkungan sekolah atau dinas pendidikan kabupaten yang bisa menampung tulisan para guru, (4) masih terbatasnya penyelenggaraan lomba menulis karya ilmiah yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan baik pada tingkat nasional,  tingkat provinsi maupun pada tingkat kabupaten, dan (5) masih rendahnya motivasi guru untuk mengikuti lomba menulis karya ilmiah. Profesionalisme guru di bidang penunjang tugas sebagai guru, sebagai wali kelas dan guru sebagai pembimbing konseling yaitu guru sering memberikan bimbingan dan penyuluhan secara intensif kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Tidak hanya itu guru juga sering mengatasi/memberikan bimbingan terkait kesulitan yang dialami siswa baik dalam pembelajaran maupun masalah pribadi/keluarga. Sedangkan faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan profesionalisme adalah sarana prasarana yang kurang memadai, minimnya pendanaan dan faktor dari dalam diri guru itu sendiri, misalnya: kemampuan dasar guru yang sifatnya heterogen, dan kemampuan dasar guru yang minim tentang penelitian, kurangnya motivasi untuk meningkatkan profesioalismenya. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah adanya, peningkatan kesejahteraan guru,  tunjangan sertifikasi dan penghargaan-penghargaan.

Berdasarkan hasil penelitian  dapat ditarik simpulan bahwa profesionalisme di SMPN 1 Bingin Kuning perlu ditingkatkan khususnya dalam kemampuan menulis karya ilmiah. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru adalah mengikuti pelatihan, penataran, MGMP, dan giat membaca dan selalu berupaya untuk mengembangkan profesionalismenya.

Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan agar: (1) Guru diharapkan dapat secara terus-menerus meningkatkan profesionalismenya, (2) guru dapat berperan aktif dalam upaya peningkatan profesionalismenya, (3) pihak sekolah memberikan dukungan kepada guru-guru untuk mengikuti pelatihan, penataran dan MGMP serta kegiatan pendidikan yang lain dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru, (4) pihak sekolah dan pemerintah mengalokasikan dana kesejahteraan bagi guru secara proporsional, (5) guru melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh keikhlasan, tanggung jawab dan bukan menjadi beban.

Tentang Dayat Chem

Putra Ramatuan Rambut ikal tapi ganteng githu loe
Pos ini dipublikasikan di Tesis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s