PEMBINAAN SPIRITUAL SISWA


PEMBINAAN SPIRITUAL SISWA

(Studi Evaluatif di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong)

Marlis Junaidi

Tesis Program Studi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Universitas Bengkulu

ABSTRACT

SPIRITUAL GUIDANCE STUDENTS

(Evaluative Studies in Public Junior High School 02 Lebong Sakti Lebong Regency)

The general objective of this study was to evaluate the religious development is done in order to enhance the spiritual of students at Public Junior High School 02 Lebong Sakti, Lebong Regency. In particular, this study aimed to evaluate: the activities of religious guidance given in the form of prayers, the activities of religious guidance given in the form of lightning pesantren, the activities of religious guidance given in the form of the celebration of religious holidays; the activities of religious guidance given in the form to read and follow the Qur’an. The research method used is evaluative. The result of this research show that students’ spiritual development activities are in accordance with the conditions set in Public Junior High School 02 Lebong Sakti, Lebong Regency.

Keywords: spiritual, guidance, students

RINGKASAN

Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah apakah pembinaan spiritual siswa sudah sesuai dengan ketentuan di SMP Negeri 02 Lebong Lebong Sakti Kabupaten Lebong? Sementara sub rumusan masalah adalah terdiri atas: (1) apakah pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk salat berjamaah sudah sesuai dengan ketentuan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong? (2) apakah pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk pesantren kilat sudah sesuai dengan ketentuan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong? (3) apakah pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk memperingati hari besar keagamaan sudah sesuai dengan ketentuan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong? (4) apakah pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk membaca dan meneladani isi Alquran sudah sesuai dengan ketentuan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong?

Tujuan umum penelitian ini untuk mengevaluasi pembinaan spiritual siswa di SMP Negeri 02 Lebong Sakti. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) kegiatan pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk salat berjamaah di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong; (2) kegiatan pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk pesantren kilat di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong; (3) kegiatan pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk memperingati hari besar keagamaan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong; (4) kegiatan pembinaan kegiatan keagamaan yang diberikan dalam bentuk membaca dan meneladani isi Alquran di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi evaluatif. Subyek penelitian adalah SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, pemaparan data, membandingkan data dengan standar obyektif dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pembinaan spiritual siswa dalam bentuk salat berjamaah, pesantren kilat, peringatan hari besar keagamaan, serta membaca dan meneladani isi Alquran sudah sesuai dengan ketentuan yang ada di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong. Secara khusus hasil penelitian sebagai berikut:

Pertama, bahwa pembinaan keagamaan yang diberikan dalam bentuk Salat berjamaah sudah sesuai dengan ketentuan yang diharapkan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong.

Kedua, bahwa pembinaan keagamaan yang diberikan dalam bentuk pesantren kilat telah berjalan dengan baik setiap tahun di bulan ramadhan yang diikuti oleh siswa dan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong.

Ketiga, bahwa pembinaan keagamaan yang diberikan dalam bentuk memperingati hari-hari besar keagamaan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong. Adapaun peringatan hari besar Islam yang dilakukan adalah peringatan Tahun Baru Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra‘ Mi’raj.

Keempat, pembinaan keagamaan yang diberikan dalam bentuk membaca dan meneladani isi Alquran juga telah dilaksanakan di SMP Negeri 02 Lebong Sakti Kabupaten Lebong serta sesuai dengan pedoman pembinaan keagamaan yang ada. Pembinanan yang dilakukan dengan cara mengoreksi bacaan Alquran siswa oleh guru Pendidikan Agama Islam sehingga bacannya sesuai dengan tajwid. Tetapi siswa masih kurang siswa yang mendalamai kandungana Alquran. Secara keseluruhan baru pada tahap membetulkan cara membaca Alquran.

Simpulan penelitian menunjukkan dalam pembinaan spiritual siswa baik dalam bentuk salat berjamaah, pesantren kilat, perayaan hari bersar keagamaan dan pembinaan siswa dalam membaca dan meneladani isi Alquran sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sekolah dalam bentuk pedoman pembinaan keagamaan. Kegiatan pembinaan keagamaan dilakukan dalam bentuk kegiatan kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler yang mengacu kepada pencapaian tujuan pembinaan spiritual.

Saran peneliti kepada pihak sekolah diharapkan untuk dapat melaksanakan pembinaan keagamaan sebagai upaya mempersiapkan generasi yang tanggap terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan standar dan pedoman yang telah disusun oleh sekolah.

Tentang Dayat Chem

Putra Ramatuan Rambut ikal tapi ganteng githu loe
Pos ini dipublikasikan di Tesis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s